Warung Jawa, Ternyaman Se-Jogja!

Bosan dengan tempat makan yang itu-itu saja? Ingin mencoba sensasi lain yang unik dan asik? Bayangkan perpaduan kafe modern dan warung ala rumahan dengan suasana desa yang menenangkan. 

tampak depan Warung Jawa
Makanan yang enak, harga yang bersahabat, dan suasana yang nyaman, memang cukup? Hmm, sepertinya tidak. Pernahkah kalian ke suatu tempat makan atau objek wisata yang sangat bagus dan terkenal, tapi kalian tetap kurang puas karena fasilitasnya yang kurang memadai?Fasilitas, sering dianggap remeh tapi ternyata juga penting untuk membangun citra pengunjung. Kali ini saya akan membagikan pengalaman berkunjung ke salah satu warung yang hits di Jogja, yaitu Warung Jawa. Kira-kira apa saja, ya fasilitasnya? Mari kita cari tahu bersama.

Memasuki area warung ini terdapat parkiran yang lumayan luas, bisa menampung mobil dan motor. Area sepeda motor dan mobil pun terpisah, parkir motor di sisi kiri dapat menampung kurang lebih 20 motor, sedangkan parkir mobil di sebelah kanan bisa menampung kira-kira 5 mobil. Di kanan kiri area parkir terdapat tumbuhan bambu yang segar untuk dilihat, namun tidak bisa membuat teduh area parkir. Jika kita datang ke sini saat siang hari kendaraan kita akan terkena matahari langsung karena tidak ada atap peneduh. Biaya parkir di sini hanya Rp. 1.000,00.



tempat parkir


Lanjut kita masuk ke dalam warung yang berada di Jalan Kaliurang KM 8 ini, terdapat suguhan makanan rumahan yang banyak sekali pilihannya. Kemudian di sebelahnya terdapat kasir tempat kita membayar makanan. Di dalam ruangan ini juga ada beberapa meja yang terbuat dari kayu lengkap dengan kursi mengelilinginya. Masuk lebih dalam kita akan menemukan mini coffee bar yang wangi kopinya tercium sampai keluar. Di sekeliling mini bar ini juga ada meja-meja kecil dengan kursi yang asik dipakai untuk bersantai sambil ngopi.


sajian makanan rumahan

mini bar


Jika kamu kurang puas dengan ruangan indoor-nya, kamu harus masuk lebih dalam untuk menemukan area outdoor yang keren abis. Suasanaya tenang seperti di desa, didukung dengan pepohonan dan lampu-lampu kecil yang digantung antar pohon. Meja dan kursinya juga unik dan bermacam-macam, jadi kamu tidak perlu khawatir kehabisan gaya untuk swafoto. Selain meja dan kursi, di area outdoor juga ada gazebo-gazebo yang bersih dan luas, cocok untuk kalian yang suka lesehan santai. 

gazebo di area outdoor


Di Warung Jawa ternyata memang dibuat instagramable, selain suasananya, di sini juga ada spot foto kekinian yang memakai pintu bekas sebagai latar belakangnya.


spot foto


Fasilitas terpenting di kala darurat juga ada di sini, yaitu toilet dan mushola. Toiletnya ada dua, yang di samping mushola dan di dekat mini bar, dua-duanya bersih dan nyaman. Musholanya berbentung seperti gubug, bisa menampung kira-kira 6 orang. Jadi kita tidak usah khawatir untuk mencari mushola dan toilet di luar warung.

mushola dan toilet di samping kiri


Satu lagi fasilitas terpenting bagi anak muda zaman sekarang, yaitu Wi-Fi. Senangnya Wi-Fi di tempat ini gratis sepuasnya. Cocok sekali untuk mengerjakan tugas dengan kawan-kawan sambil menyantap makanan yang enak di tengah suasana yang tenang, kondusif untuk belajar.

Itu dia fasilitas yang terdapat di Warung Jawa, Jalan Kaliurang KM 8, Sleman, DI Yogyakarta. Kalau menurut saya, fasilitas itu merupakan salah satu hal penting, baik itu di objek wisata maupun di warung seperti ini, karena fasilitas yang lengkap akan membuat pengunjung nyaman dan ingin berkunjung lagi di lain kesempatan.